Jumat, 09 September 2011

cara menghindar keylogger


Berbagai Tips Cara Menghapus Keylogger Dari Komputer Anda

Sesuai permintaan, kini saya akan mencoba sharing Berbagai Tips Cara Menghapus Keylogger Dari Komputer Anda. Tips ini di ambil dari berbagai referensi yang ada di Internet. Sebagian besar merupakan pengalaman dari si pemilik referensi. Jujur saya sendiri belum pernah terkena keylogger dan semoga saja tidak akan pernah. Nah, untuk itu, jika anda kelak terkena serangan keylogger, maka anda bisa mencoba Berbagai Tips Cara Menghapus Keylogger Dari Komputer ini. 

Keylogger adalah sebuah program jahat yang fungsi utamanya adalah membajak semua data yang anda masukkan kedalam komputer anda. Seperti email dan password. Jadi keylogger dapat mengetahui apa saja yang anda lakukan di komputer anda. Orang yang menggunakan tools ini untuk membajak akun anda masih bisa dibilang hacker bau kencur. karena masih menggunakan bantuan software untuk membajaknya.

Sekarang kita akan membahas Berbagai Tips Cara Menghapus Keylogger Dari Komputer Anda.

Gunakan Antivirus
Biasanya, Keylogger tersembunyi dari "Add/Remove Program". Jadi anda tidak akan menemukannya di sana. Oleh karena itu, cobalah menggunakan antivirus Norton Internet Security ataupun kaspersky. Lalu scan. Biasanya keylogger terdeteksi sebagai Spyware. 

Masukkan Password Keylogger
Biasanya keyloger memiliki password tertentu untuk membuka dan meng-uninstallnya. Jadi, coba di ingat apakah anda memiliki password keyloggernya. karena bisa saja anda yang menginstall keylogger di komputer anda namun lupa kapan menginstallnya, karena bisa saja saat anda menginstall software anda pikir itu adalah software, tetapi ternyata software itu adalah keylogger. .coba tekan :
  • alt + ctrl + shiff + k atau
  • ctrl + alt + shift + J atau
  • ctrl + alt + shift + F
Maka biasanya anda akan diminta password. Jika berhasil memasukkan password, biasanya akan terdapat tombol yang berfungsi untuk menguninstall keylogger.

Melalui Regedit
Klik run>regedit>HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE
Hapus semua folder/file yang terlihat mencurigakan seperti "REFOG" atau "ASPMonitor". Disini, jika anda mengetahui jenis keyloggernya maka akan menjadi lebih mudah. Karena keylogger itu terdiri dari beberapa spesies. Jika ada file/folder yang tidak bisa di hapus, gunakan software unlocker

Gunakan System Restore
System restore akan mengembalikan semua keadaan komputer ke keadaan sebelum tanggal yang kita tentukan. Penjelasan lengkap dan cara menggunakannya sudah pernah saya bahas di blog saya yang lain Mengembalikan Keadaan Komputer Menjadi Seperti Baru Dengan System Restore.

Gunakan Super Anti spyware
Anda bisa mencarinya di google.com dengan keyword "download Super Anti spyware". Atau jika software ini ternyata berbayar, coba gunakan keyword "Free Download Super Anti spyware full version full patch, keygen etc (yang berkaitan dengan cracked)".

Melalui Folder Windows
Tips ini bisa jadi cukup berbahaya karena bisa saja kita menghapus system windows sehingga akan membuat komputer kita hang. Namun jika anda sudah kehabisan akal, maka bisa gunakan cara ini.
Caranya:
  • Masuk ke C:\Windows\system32\MPK
  • Setting folder hidden menjadi show
  • Delete folder


Gunakan perpaduan 3 Antivirus (Antivirus lokal dan internasional)
Biasanya keylogger akan terdeteksi oleh antivirus. Contoh perpaduan tersebut antara lain:
 
Anti Virus free edition:
AVIRA Free
http://www.free-av.com/

AVG Free
http://free.avg.com/us-en/download

SMADAV Free
http://smadav.net/


Aktifkan Windows File Protector Dan Firewall
Dengan mengaktifkan Windows File Protector Dan Firewall, lalu di kombinasikan dengan antivirus ganda seperti symantec, ansav dan nod32 ataupun seperti formasi antivirus di atas. Hal ini akan membuat pertahanan berlapis bagi komputer anda yang tentu saja akan sangat sulit untuk ditembus dengan virus apapun. Lalu bagaimana jika keylogger sempat masuk? walaupun sempat masuk tentu akan menjadi program biasa/virus jinak.

Format Harddisk
Semua data yang ada pada hardisk anda akan hilang. Kemungkinan keylogger juga akan ikut terhapus.

Sekali lagi saya ingin menegaskan, saya belum pernah mengalami komputer saya terserang keylogger, jadi saya tidak menjamin trik di atas dapat bekerja. Tips diatas hanyalah artikel yang saya kutip dari berbagai sumber yang pernah mengalami. Karena sebenarnya, beda keylogger maka beda pula cara mengatasinya. Semoga ini dapat membantu anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar