Kamis, 09 Februari 2012

tips membeli laptop

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika kita membeli laptop, agar kita tidak nyesal nantinya. Berikut-berikut caranya :

1. Processor
Prosesor ini adalah bagian terpenting yang harus diperhitungkan sebelum membeli laptop, karena jika anda salah memilih processor maka bersiaplah menerima kinerja laptop yang tidak sesuai dengan keinginan anda dan kebutuhan anda. Pilihlah prosesor berdasarkan kebutuhan misalnya untuk pelajar, guru atau pengajar, pe-bisnis, spesialis IT / profesional atau untuk personal / pribadi. Prosesor yang digunakan sebaiknya menggunakan Intel Pentium 4, Intel Centrino Processor atau Core Duo.

2. Baterai
Sebisa mungkin anda harus mencari laptop yang bisa bertahan lama baterai-nya karena ini akan mempengaruhi ke-awetan laptop itu sendiri. Jika baterai-nya sering drop ini juga akan menyebabkan laptop cepat rusak.

3. Memori
Memori laptop minimal 256 Mb RAM atau kalau bisa lebih tinggi misalnya 512 Mb atau 1 Gb dan ini harus disesuaikan juga dengan kinerja prosesor yang anda gunakan karena jika tidak seimbang dengan prosesor atau hard disk yang anda gunakan maka memori pun tidak akan berjalan dengan baik.

4. Hard Drive atau Hard Disk
Cari Hard Disk laptop sebisa mungkin yang memiliki kapasitas 60 GB atau lebih karena ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop anda. Jika space hard disk sedikit maka kinerja laptopnya juga akan menjadi lambat.

5. Spesifikasi
Carilah spesifikasi laptop yang seimbang dalam artian seimbang dengan dana yang anda punya, seimbang kinerja antara hardware dan software yang digunakan.

6. Ukuran dan Berat
Cari ukuran laptop berdasarkan keinginan dan kebutuhan anda serta untuk berat sebisa mungkin cari yang lebih ringan. Ukuran & berat sebuah laptop juga mempengaruhi harga patokan dari produsen, biasanya jika semakin kecil dan semakin ringan jelas lebih mahal. :D

7. Ukuran Layar dan Resolusi
Untuk ukuran layar dan resolusi silahkan pertimbangkan berdasarkan kebutuhan anda masing – masing, yang jelas laptop dengan resolusi tinggi-lah yang banyak dicari orang.

8. Operating System atau Sistem Operasi
Windows XP Professional atau Windows Vista adalah sistem yang ideal untuk sebuah laptop kantor, personal, atau pe-bisnis. Ada baiknya jika menggunakan sistem operasi yang kompatibel sama hardware laptop dan user friendly.

9. USB Port yang lebih banyak
Pastikan laptop memiliki dua atau lebih port USB, karena anda akan membutuhkannya untuk menancapkan perangkat tambahan seperti printer, USB Flash Disk, scanner dan lain sebagainya.

10. Koneksi Jaringan
Carilah laptop yang bisa digunakan untuk koneksi jaringan biar bisa internetan atau terhubung dengan komputer pc atau laptop lainnya. Untuk yang satu ini sepertinya hampir semua laptop memiliki feature ini.

11. Fitur Keamanan
Anda harus mengetahui feature keamanan sebuah laptop sebelum anda membelinya karena ini digunakan untuk mengetahui apa langkah – langkah yang dapat mengambil jika terjadi sesuatu hal yang bisa menyebabkan laptop ini rusak atau error.

12. LAN Card atau Kartu Jaringan & Modem
Periksalah kartu jaringan atau modem dari Laptop tersebut: Pada dasarnya Ada dua jenis modem yang ditawarkan – modem internal dan modem external. Pilih modem internal atau external sesuai kebutuhan anda.

13. Port Tambahan
Usahakan laptop memiliki beberapa port tambahan seperti port LPT yang digunakan untuk Joystick atau Printer lama yang masih menggunakan port LPT.

14. Jaminan atau garansi & Dukungan
Ini adalah bagian terpenting jika anda membeli laptop baru, jaminan laptop & dukungan penting karena ini adalah kunci utama kita jika tiba – tiba sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi semisal laptop tiba-tiba rusak atau error. Usahakan mencari laptop yang bergaransi lebih lama dan support yang mudah misalnya dekat dengan supportnya atau yang bisa support dengan Bahasa Indonesia.

15. Price atau Harga Laptop
Kalau yang satu ini sih … berdasarkan kantong kita aja kali yah, tapi kalau ada yang lebih murah berkualitas ngapain beli yang mahal tapi kualitasnya ancur, tul gak ? :D

Sebaiknya cari referensi ke orang yang sudah pernah membeli laptop dengan cara bertanya ke forum atau mencarinya di google terlebih dahulu harga pasaran laptop dengan merk tertentu agar tidak dikibuli (dibohongi) penjual laptop di toko nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar